Senin, 22 Januari 2018

Beberapa Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan



Sudah tau belum apa saja Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis UKM ? Seperti yang kita ketahui banyak orang yang menganggap digital marketing sebagai hal yang sepele yang tidak berdampak apapun untuk bisnis yang kita jalankan, Mungkin salah satu dari anda juga beranggapan begitu. Namun, kenyataannya digital marketing sangat efektif untuk memajukan sebuah usaha/bisnis dan terhitung sejak tahun 2014 iklan dengan media digital ataupun di Internet sudah mengalahkan iklan di Televisi, dan mungkin saat ini di era digital, perbandingannya juga sudah sangat jauh, dikarenakan banyak orang yang sudah menjadikan Internet sebagai salah satu kebutuhannya dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Itulah sebabnya, digital marketing jauh lebih efektif dibandingkan dengan media iklan lainnya.

Pemasaran melalui media Digital memang sudah menjadi salah satu teknik pemasaran yang telah dilakukan oleh semua kalangan bisnis dan juga banyak dari Perusahaan yang telah menjadikan digital marketing sebagai salah satu teknik pemasaran paling efektif untuk produk maupun jasa yang mereka sediakan. Bahkan, Brand-brand besar diseluruh duniapun sudah sangat jamak dengan strategi digital marketing tersebut.

#Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Nah, sekarang Bagaimana dengan pelaku Bisnis UKM ?
Faktanya, sangat banyak kalangan pelaku Usaha Kecil Menengah yang mengabaikan strategi digital marketing ini dengan alasan ribet sangat rumit. Namun, jika kita lihat strategi digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat mudah dilakukan dan pastinya tidak begitu membutuhkan banyak biaya dan menghabiskan banyak waktu. Selain itu, Strategi Pemasaran Digital juga sangat berdampak sekali untuk perkembangan suatu bisnis maupun usaha.


Jadi, bagi anda para pelaku Bisnis UKM yang belum tau Apa Itu Digital Marketing dan Apa saja Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis, berikut adalah penjelasannya. Silahkan simak dengan baik dan terapkan pada bisnis yang anda jalani.

#Apa Itu Digital Marketing ?

Digital Marketing adalah upaya melakukan pemasaran suatu Brand ( Produk maupun Jasa ) yang dilakukan melalui dunia digital ataupun internet. Tujuan dari Digital Marketing adalah dapat menjangkau lebih banyak konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Pengertian Digital Marketing lainnya dapat kita katakan sebagai teknik pemasaran suatu produk maupun jasa melalui dunia internet yang bisa dilakukan dengan cara beriklan melalui Google Adwords, Facebook Ads, maupun media online lainnya.

Sudah tau bukan Apa Itu Digital Marketing, sekarang mari kita bahas 7 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM maupun Perusahaan, Berikut adalah pembahasanya :

#1. Dapat Terhubung Dengan Konsumen Secara Online

Salah satu manfaat digital marketing adalah dapat dengan mudah menjangkau konsumen karena bisa dilakukan secara online. Apalagi sekarang adalah zamannya dunia digital, banyak orang yang mencari suatu informasi dengan memanfaatkan Internet. Lainnya dengan dulu, banyak para konsumen yang mencari informasi suatu produk hanya melalui dengan media cetak. Dengan adanya dunia internet semua konsumen bahkan calon konsumen dapat secara mudah untuk mencari informasi, mengatakan keluhan bahkan lainnya.
#2. Konversi Penjualan Jauh Lebih Meningkat

Poin kedua ini dapat dilihat dari segi kanal pemasaran digital, bahwa Bisnis UKM dapat dengan mudah menjangkau calon konsumen yang tertaget sesuai dengan produk ataupun jasa yang ia tawarkan. Maksud dari calon konsumen tertarget adalah, anda bisa menargetkan produk maupun jasa anda sesuai dengan kebutuhan target audiens anda, misalkan anda menargetkan produk anda tersebut untuk kalangan anak-anak, ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Maka dengan begitu, produk yang anda tawarkan dapat terjual secara cepat.

#3. Biaya Pemasaran Jauh Lebih Rendah

Manfaat lainnya dari Digital Marketing adalah biaya pemasarannya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran Konvensional yang rata-rata biaya pemasarannya jauh lebih tinggi. Selain itu, pemasaran digital menjadi salah satu pemasaran yang sangat efektif dan tidak memakan banyak waktu, terlebih lagi pemasaran digital dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen secara cepat dan dapat mendapatkan konsumen yang tertarget.

#4. Layanan Konsumen Real Time

Nah, kalau dilihat dari segi pelayanan, digital marketing jauh lebih unggul karena dapat melayankan semua konsumen real time via online. Bahkan, layanan yang kita lakukan jauh lebih cepat dan pastinya tidak mengecewakan konsumen.


Tentu saja, hal ini dapat sangat bermanfaat bagi pelaku Bisnis UKM yang sumber daya nya terbatas, karena sangat membantu dari segi biaya. Pemasaran digital juga dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen yang baru secara cepat.

#5. Menjaga Posisi Pada Tingkat Persaingan Bisnis

Persaingan merupakan salah satu masalah yang harus diatasi oleh semua pelaku bisnis, tidak terkecuali bagi pelaku Bisnis UKM. Dengan adanya strategi digital marketing, maka pelaku bisnis UKM pun dapat dengan mudah menjaga posisi mereka dari pasaran dan banyaknya persaingan bisnis. Alasan tersebut dapat kita lihat dimana banyaknya pelaku bisnis yang memanfaatkan berbagai jaringan iklan seperti PPC, PPD maupun Affiliate untuk menjaga posisi mereka diranah bisnis.

#6. Dapat Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Jika dulu untuk dapat bersaing dengan Perusahaan Besar hanya bisa dilakukan dalam angan-angan, maka tidak untuk zaman sekarang ini. Semua persaingan bisa dilakukan hanya bermodalkan dunia Internet via Online. Bahkan, perusahaan besar pun memanfaatkan digital marketing agar mereka dapat mendapatkan posisi teratas didalam persaingan bisnis.

Namun, bagi para pelaku Bisnsi UKM juga tidak mustahil untuk dapat bersaingan dengan berbagai perusahaan ternama hanya dengan memanfaatkan digital marketing dan bahkan Bisnis UKM pun dapat mengalahkan perusahaan dalam segi persaingan.

#7. Mempersiapkan Bisnis UKM untuk Era Internet Of Things

Menurut laporan banyak yang mengatakan bahwa ditahun 2020 diprekdiksikan akan ada sekitar 26 Milliar Gadget yang terhubung secara ekosistem online secara Global, baik itu Smartphone, Tablet, Jam Tangan bahkan gadget lainnya. Dari faktor diatas, maka para pelaku Bisnis UKM tidak hanyak mengikuti arus bisnis seperti adanya saja, mereka juga harus mempersiapkan bisnis mereka untuk Era Internet Of Things dimasa mendatang.


Nah, dari beberapa manfaat diatas dapat kita lihat betapa banyak nya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan digital marketing. Dengan adanya teknik pemasaran digital ini, maka semua para pelaku Bisnis UKM dapat dengan mudah bersaing dengan berbagai Perusahaan besar didunia, tidak terkecuali di Indonesia. Kalau dipikir-pikir digital marketing juga bisa mendongkrak suatu pendapatan dalam bisnsi yang sedang kita jalankan. Jadi, tunggu apalagi masih belum percaya dengan digital marketing.

Demikianlah artikel tentang Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semuanya dalam dunia maupun persaingan bisnis. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke XDTPD Blogs karena akan ada banyak artikel bisnis menarik lainnya yang dapat kita pelajarai. Terimakasih 😊


EmoticonEmoticon