Senin, 22 Januari 2018

Bebera Alasan Mengapa Menggunakan Bitcoin


Bitcoin adalah bentuk mata uang yang relatif baru yang baru saja mulai menjadi mainstream, namun banyak orang masih belum mengerti cara kerja bitcoin mengapa mereka harus berusaha untuk menggunakannya.

Mengapa menggunakan bitcoin? Berikut adalah 10 alasan bagus mengapa perlu meluangkan waktu untuk terlibat dalam mata uang virtual ini.

1. Bitcoin Itu cepat

Bila Anda membayar cek dari bank lain ke bank Anda, bank akan sering memegang uang itu selama beberapa hari, karena tidak dapat dipercaya bahwa dana tersebut benar-benar tersedia. Demikian pula, transfer kawat internasional bisa memakan waktu yang relatif lama. Transaksi Bitcoin, bagaimanapun, umumnya jauh lebih cepat.

Transaksi bisa terjadi seketika jika transaksi "zero-confirmation", artinya pedagang mengambil risiko menerima transaksi yang belum dikonfirmasi oleh blockcoater bitcoin. Atau, mereka bisa memakan waktu sekitar 10 menit jika seorang pedagang meminta agar transaksi dikonfirmasi. Itu jauh lebih cepat daripada transfer antar bank.

2. Proses Transaksi Bitcoin Itu Murah


Apa yang kamu katakan Transaksi kartu kredit Anda seketika juga? Nah, itu benar. Tapi pedagang Anda (dan mungkin Anda) membayar untuk hak istimewa itu. Beberapa pedagang akan mengenakan biaya untuk transaksi kartu debit juga, karena mereka harus membayar 'uang gesek' untuk memenuhi permintaan mereka. Biaya transaksi Bitcoin minimal, atau dalam beberapa kasus gratis.

3. Pemerintah pusat tidak dapat mengambilnya

Ingat apa yang terjadi di Siprus pada Maret 2013? Bank Sentral ingin mengambil kembali deposito yang tidak diasuransikan lebih besar dari $ 100.000 untuk membantu rekapitalisasi itu sendiri, menyebabkan kerusuhan besar di populasi lokal. Awalnya ingin mengambil persentase simpanan di bawah angka itu, makan langsung ke tabungan keluarga. Itu tidak bisa terjadi dengan bitcoin. Karena mata uang itu terdesentralisasi, Anda memilikinya. Tidak ada otoritas pusat yang memiliki kendali, dan karenanya bank tidak dapat mengambilnya dari Anda. Bagi mereka yang menganggap kepercayaan mereka terhadap sistem perbankan tradisional terurai, itu adalah keuntungan besar.

4. Tidak ada tagihan balik

Setelah bitcoin dikirim, mereka pergi. Seseorang yang telah mengirim bitcoin tidak dapat mencoba untuk mengambilnya tanpa persetujuan penerima. Hal ini membuat sulit melakukan kecurangan yang sering kita lihat dengan kartu kredit, di mana orang melakukan pembelian dan kemudian menghubungi perusahaan kartu kredit untuk melakukan tolak bayar, yang secara efektif membalikkan transaksi.

5. Orang tidak dapat mencuri informasi pembayaran Anda dari pedagang

Ini yang besar. Sebagian besar pembelian online saat ini dilakukan melalui kartu kredit, namun pada tahun 1920 dan 30an, ketika prekursor pertama kartu kredit muncul, Internet belum dipahami. Kartu kredit tidak pernah seharusnya digunakan secara online dan tidak aman. Formulir online meminta Anda untuk memasukkan semua informasi rahasia Anda (nomor kartu kredit, tanggal kadaluwarsa, dan nomor CSV) ke dalam formulir web. Sulit memikirkan cara yang kurang aman untuk melakukan bisnis online. Inilah sebabnya mengapa nomor kartu kredit tetap dicuri.
Transaksi Bitcoin, bagaimanapun, tidak mengharuskan Anda melepaskan semua informasi rahasia. Sebagai gantinya, mereka menggunakan dua kunci: kunci publik, dan kunci privat. Siapa pun dapat melihat kunci publik (yang sebenarnya adalah alamat bitcoin Anda), namun kunci pribadi Anda adalah rahasia. Ketika Anda mengirim bitcoin, Anda 'menandatangani' transaksi dengan menggabungkan kunci publik dan pribadi Anda bersama-sama, dan menerapkan fungsi matematika kepada mereka. Ini membuat sertifikat yang membuktikan transaksi itu berasal dari Anda. Selama Anda tidak melakukan hal bodoh seperti mempublikasikan kunci pribadi Anda agar semua orang dapat melihat, Anda aman.

6. Ini bukan inflasi

Masalah dengan mata uang reguler adalah bahwa pemerintah dapat mencetak sebanyak yang mereka suka, dan mereka sering melakukannya. Jika tidak ada cukup dolar AS untuk melunasi utang nasional, maka Federal Reserve hanya bisa mencetak lebih banyak. Jika ekonomi sedang sputtering, maka pemerintah dapat mengambil uang baru dan menyuntikkannya ke dalam ekonomi, melalui proses yang dipublikasikan secara luas yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif. Hal ini menyebabkan nilai mata uang menurun.

Jika tiba-tiba Anda melipatgandakan jumlah dolar yang beredar, berarti itu berarti ada dua dolar dimana sebelumnya hanya ada satu. Seseorang yang telah menjual cokelat untuk satu dolar harus melipatgandakan harga agar harganya sama seperti sebelumnya, karena satu dolar tiba-tiba hanya setengah nilainya. Ini disebut inflasi, dan ini menyebabkan harga barang dan jasa meningkat. Inflasi bisa sulit dikendalikan, dan bisa menurunkan daya beli masyarakat. Bitcoin dirancang untuk memiliki jumlah koin maksimal. Hanya 21 juta yang akan dibuat berdasarkan spesifikasi aslinya. Artinya setelah itu, jumlah bitcoin tidak akan bertambah, sehingga inflasi tidak akan menjadi masalah. Sebenarnya, deflasi - di mana harga barang dan jasa turun - lebih mungkin terjadi di dunia bitcoin.

7. Ini sebagai pribadi seperti yang Anda inginkan

Terkadang, kita tidak ingin orang tahu apa yang telah kita beli. Bitcoin adalah mata uang yang relatif privat. Di satu sisi, transparan - berkat blockchain, semua orang tahu berapa alamat bitcoin tertentu dalam transaksi. Mereka tahu dari mana asal transaksi itu, dan ke mana mereka dikirim. Di sisi lain, tidak seperti rekening bank konvensional, tidak ada yang tahu siapa yang memegang alamat bitcoin tertentu. Ini seperti memiliki dompet plastik bening tanpa pemilik yang terlihat. Semua orang bisa melihat ke dalamnya, tapi tidak ada yang tahu siapa itu. Namun, ada gunanya menunjukkan bahwa orang yang menggunakan bitcoin secara tidak bijak (seperti selalu menggunakan alamat bitcoin yang sama, atau menggabungkan koin dari beberapa alamat menjadi satu alamat) berisiko sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi mereka secara online.

8. Anda tidak perlu mempercayai orang lain

Dalam sistem perbankan konvensional, Anda harus mempercayai orang untuk menangani uang Anda dengan benar di sepanjang jalan. Anda harus mempercayai bank, misalnya. Anda mungkin harus mempercayai prosesor pembayaran pihak ketiga. Anda sering harus mempercayai pedagang itu juga. Organisasi-organisasi ini menuntut informasi penting dan sensitif dari Anda. Karena bitcoin sepenuhnya terdesentralisasi, Anda perlu mempercayai siapa pun saat menggunakannya. Saat Anda mengirim transaksi, itu ditandatangani secara digital, dan aman. Seorang penambang yang tidak dikenal akan memverifikasinya, dan kemudian transaksi selesai. Pedagang itu bahkan tidak tahu siapa Anda, kecuali jika Anda telah mengatur untuk memberi tahu mereka.

9. Kamu memilikinya

Tidak ada sistem kas elektronik lainnya dimana akun Anda tidak dimiliki oleh orang lain. Ambil PayPal, misalnya: jika perusahaan memutuskan untuk beberapa alasan bahwa akun Anda telah disalahgunakan, ia memiliki kekuatan untuk membekukan semua aset yang ada di akun, tanpa berkonsultasi dengan Anda. Hal ini kemudian terserah Anda untuk melompat melalui lingkaran apa pun yang diperlukan untuk mendapatkannya dibersihkan, sehingga Anda dapat mengakses dana Anda. Dengan bitcoin, Anda memiliki kunci pribadi dan kunci publik yang sesuai yang membentuk alamat bitcoin. Tidak ada yang dapat mengambilnya dari Anda (kecuali jika Anda kehilangannya sendiri, atau menjalaninya dengan layanan dompet berbasis web yang kehilangannya untuk Anda).

10. Anda bisa menciptakan uang sendiri

Terlepas dari kemajuan teknologi cetak di rumah yang menakjubkan, sebagian besar pemerintah nasional mengambil pandangan yang cukup redup dari Anda menghasilkan uang sendiri. Dengan bitcoin, bagaimanapun, dianjurkan. Anda pasti bisa membeli bitcoin di pasar terbuka, tapi Anda juga bisa menambangnya sendiri jika memiliki cukup daya komputasi. Setelah menutup investasi awal Anda pada peralatan dan listrik, bitcoin pertambangan hanyalah sebuah kasus untuk mematikan mesin, dan perangkat lunak yang dijalankan. Dan siapa yang tidak suka komputer mereka untuk mendapatkan uang saat mereka tidur?

Source : Trybisnis.com


EmoticonEmoticon