Senin, 22 Januari 2018

Beberapa Hal Utama Yang Menyebabkan Bisnis Online Gagal ( Analisa Bisnis )


Dalam menjalankan suatu bisnis banyak orang yang mengeluh karena gagal. Penyebab bisnis online gagal biasanya disebabkan oleh pemilik bisnis itu sendiri yang kurang paham dengan bisnis yang sedang dijalankannya ataupun kesalahan target pasar/audiens yang berefek pada sedikitnya costumer. Hal ini menyebabkan peluang bisnis online tersebut tidak mencapai target, sehingga peluang bisnis tersebut dapat berakibat fatal hingga menjadi tidak berkembang dan bangkrut.

Sebenarnya, internet menawarka banyak sekali peluang bisnis yang menguntungkan dan sudah terbukti banyak orang yang telah sukses dalam menjalankan suatu bisnis online tersebut. Sekarang ini, bisnis online sangat banyak dijalankan , hal ini membuktikan bahwa bisnis online menjadi bisnis yang menjanjikan yang dapat dijalankan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Apalagi sekarang ini, banyak dari Industru bisnis offline yang mulai menjalankan bisnis mereka secara online dan terbukti sangat efektif untuk mendongkrak bisnis tersebut.

#Hal Utama Penyebab Bisnis Online Gagal

Walaupun sekarang ini banyak bisnis offline yang migrasi secara online dan pembisnis online yang sudah terbukti bisa berpenghasilan ratusan juta perbulan dan sangat menjajikan bagi kelancaran bisnis nya, tapi masih banyak juga yang gagal.

Nah, kegagalan memang bisa terjadi pada siapa saja, namun kegagalan tersebut bisa kita jadikan sebagai pengalaman agar tidak kita ulangi kembali. Kegagal dalam berbisnis memang sangat rawan, dan resiko menjalankan bisnis online juga sangat besar dan bisa terjadi setiap saat. Awal kemunculan bisnis online di Indonesia memang sangat Booming dan banyak orang yang bergegas untuk mencobanya. Namun, seiring waktu banyak orang yang mengeluh karena bisnis online yang mereka bangun tidak berkembang. Hal ini bisa kita bilang bahwa si pemilik bisnis online tersebut masih belum mampu memanfaatkan suatu peluang bisnis dengan baik, dan terlebih lagi tidak paham dengan dasar bisnis online tersebut.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Online Untuk Promosi Produk Terbaru

Baiklah, berikut ini akan kita bahas apa saja penyebab kegagalan suatu bisnis online yang sering terjadi menurut XDTPD Blogs dari beberapa pengamatan dan hasil riset dari Google. Silahkan simak 4 Hal utama yang menyebabkan bisnis online gagal, agar nantinya tidak terjadi dengan bisnis yang sedang anda kembangkan :

1. Putus Asa dan Menyerah di Tengah Jalan

Hal pertama yang menyebabkan bisnis online gagal adalah putus asa dan menyerah ditengah jalan. Hal ini memang sangat umum terjadi, apalagi kita sebagai pembisnis yang kekurangan modal untuk mengembangkan bisnis tersebut. Dalam menjalankan semua bisnis tentunya akan ada banyak proses yang harus kita tempuh hingga mencapai kesuksesan. Apalagi rintangan, ya rintangan dalam menjalankan suatu bisnis menjadi faktor utama gagalnya suatu bisnis karena biasanya banyak sekali orang yang mengeluh disaat dihadapi rintangan tersebut sehingga mereka akan menyerah ditengan jalan dan tidak melanjutkan bisnis tersebut.
Sebenarnya, jika terdapat kendala dalam menjalankan suatu bisnis, anda bisa mencari solusi diberbagai media online ataupun berkonsultasi dengan ahli bisnis agar nantinya anda dapat mengevaluasi setiap kesalahan yang terjadi dalam bisnis online anda tersebut. Nah, tantangan yang sering terjadi dalam berbisnis biasanya terdapat pada diri kita sendiri seperi Rasa Malas, Tidak Berkomitmen dan Mudah Menyerah. Jika tantangan tersebut bisa anda hadapi, mungkin bisnis yang sedang anda jalankan akan lebih mudah berkembang.

2. Tidak Fokus Dalam Menjalankan Bisnis Online Tersebut

Nah, yang kedua biasanya sering terjadi adalah tidak fokus menjalankan bisnis tersebut. Artinya, anda sering kali terkecok dengan keberhasilan orang lain sehingga menyebabkan anda sibuk untuk mencari berbagai hal tentang bisnis orang lain hingga anda lupa mengembangkan bisnis yang anda jalankan tersebut. Sebenarnya untuk menganalisis bisnis orang lain sangat direkomendasikan, tapi sebaiknya, anda fokus dulu dengan apa yang sedang anda bangun dan jika memang anda terkecoh dengan bisnis orang lain, sebaiknya sebelum anda membangun suatu bisnis anda tentukan dulu bisnis apa yang akan anda bangun dan kembangkan.

Baca Juga : Penyebab Gagalnya Suatu Bisnis Yang Harus di Waspadai

Kan tidak semua pembisnis sama bisnis dengan anda. Misalkan, anda sedang menjalankan bisnis online sebagai reseller suatu produk dan hasilnya sudah lumayan. Kemudian anda melihat teman anda pendapatan teman anda tersebut lebih besar dari penghasilan anda, namun teman anda tersebut menjalankan bisnis online nya sebagai Publisher Google Adsense bukan sebagai reseller seperti anda. Maka pasti anda akan terkecok dengan apa yang sedang dia jalankan, sehingga membuat anda untuk belajar tentang Google Adsense sehingga bisnis yang anda jalankan tidak terurus karena anda sibuk mencari informasi tentang Google Adsense tersebut.

3. Kurangnya Praktek dan Banyak Mengeluh

Biasanya poin ketiga ini sangat umum ditemukan, setelah mereka belajar tentang berbagai teori ataupun teknik bisnis online yang ia dapatkan, maka mereka sering kali untuk tidak mempraktekkan hal tersebut, Mereka hanya mencari informasi tersebut sebagai pengetahun bukan sebagai informasi untuk dipraktekkan. Selain itu, biasanya ada banyak sekali orang yang berkonsultasi tentang bisnis mereka dengan pembisnis yang sudah sukses, tapi hasil dari konsultasi tersebut tidak mereka terapkan pada bisnis yang dia bangun. Hal ini menyebabkan bisnis tersebut tidak akan berkembang sehingga akan membuat pembisnis itu sendiri mengeluh dengan apa yang sedang dia jalankan itu.

Hal ini sangat sering saya temukan dari teman-teman blogging saya, yang hanya membaca ilmu blogging tapi tidak mereka praktekkan. Mereka hanya tergoda dari pendapatan blogger yang sudah bisa menghasilkan puluhan juta dari blognya sehingga mereka juga menginginkan hal tersebut terjadi pada blog mereka dalam waktu singkat dan jika mereka gagal maka keluhan di berbagai forum sangat banyak ditemukan.

4. Kurang Memahai Bisnis Yang Sedang di Jalankan

Yang terakhir penyebab bisnis online gagal adalah kurangnya pemahaman dengan bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga nantinya bisnis tersebut tidak pernah bisa berkembang apalagi sukses. Ada baiknya, anda menjalankan bisnis online sesuai dengan keahlian anda sehingga bisns yang anda jalankan akan terasa lebih mudah untuk dikembangkan. Dan jika ada kendala, maka dengan mudah bisa anda handle sendiri karena keahlian anda memang dalam hal tersebut.

Jika ingin bisnis online anda cepat maju, maka jangan sekali-kali mencoba bisnis online yang tidak sesuai dengan pengetahuan anda, karena resiko menjalankan bisnis online jauh lebih besar dan dapat menyebabkan kebangkruta.

Itulah 4 Hal Utama Penyebab Bisnis Online Gagal, semoga dengan adanya informasi diatas dapat menambahkan wawasan kita semuanya dalam menjalankan suatu bisnis dan bisa mencegah gagalnya bisnis yang kita bangun. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke XDTPD Blogs karena akan banyak informasi bisnis menarik lainnya yang akan terus diupdate setiap saat. Terimakasih 


EmoticonEmoticon