Senin, 22 Januari 2018

Apa Itu Bitcoin? Bagaimana cara kerja Bitcoin?


Apa itu Bitcoin - Beberapa teknologi memiliki kemampuan untuk membangkitkan perdebatan online yang penuh gairah dan membingungkan sebagian besar populasi sebagai bitcoin. Mata uang virtual telah menjadi sumber minat dan kebingungan konstan sejak ia mendorong dirinya ke arus utama lebih dari lima tahun yang lalu.

Tapi minat pada bitcoin sekarang lebih besar dari sebelumnya. Nilainya telah melonjak di atas $ 19.000 (£ 14.000), sebuah titik tinggi baru, mengubah orang-orang yang menimbun sejumlah besar sejak awal menjadi jutawan.

Bitcoin - mata uang perbankan virtual awal internet - telah ada selama beberapa tahun sekarang dan banyak orang memiliki pertanyaan tentang hal itu. Mereka berasal dari mana? Apakah mereka legal? Dimana kamu bisa mendapatkannya? Mengapa mereka berpisah dengan Bitcoin dan Bitcoin Cash? Berikut adalah dasar-dasar yang perlu Anda ketahui.

Cryptocurrency Ditetapkan


Cryptocurrencies hanyalah baris kode komputer yang memiliki nilai moneter. Garis kode itu dibuat oleh listrik dan komputer berkinerja tinggi.

Cryptocurrency juga dikenal sebagai digital currency. Either way, ini adalah bentuk uang publik digital yang dibuat dengan perhitungan matematis yang teliti dan diawasi oleh jutaan pengguna komputer yang disebut 'penambang'. Secara fisik, tidak ada yang bisa ditahan.

'Crypto' berasal dari kata kriptografi, proses keamanan digunakan untuk melindungi transaksi yang mengirimkan kode untuk pembelian. Kriptografi juga mengendalikan penciptaan 'koin' baru, istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah kode tertentu.

Pemerintah tidak memiliki kendali atas penciptaan kripto-kripto, yang pada awalnya membuat mereka begitu populer. Sebagian besar kripto diawali dengan sebuah cap pasar, yang berarti bahwa produksinya akan menurun seiring waktu sehingga idealnya menghasilkan koin tertentu lebih berharga di masa depan.

Apa Itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah mata uang kriptocoin pertama yang pernah ditemukan. Tidak ada yang tahu persis siapa yang membuatnya - kripto yang dirancang untuk anonimitas maksimum - tapi bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 dari seorang pengembang yang konon bernama Satoshi Nakamoto.

Sejak saat itu ia menghilang dan meninggalkan keberuntungan Bitcoin.

Karena Bitcoin adalah kriptocurrency pertama yang ada, semua mata uang digital yang diciptakan sejak saat itu disebut Altcoins, atau koin alternatif. Litecoin, Peercoin, Feathercoin, Ethereal dan ratusan koin lainnya adalah semua Altcoin karena mereka bukan Bitcoin.

Salah satu kelebihan Bitcoin adalah dapat disimpan secara offline pada hardware lokal seseorang. Proses itu disebut cold storage dan melindungi mata uang dari yang diambil oleh orang lain. Bila mata uang itu tersimpan di internet di suatu tempat (hot storage), ada resiko tinggi itu dicuri.

Di sisi lain, jika seseorang kehilangan akses ke perangkat keras yang berisi bitcoin, mata uangnya akan hilang selamanya. Diperkirakan bahwa sebanyak $ 30 miliar pada bitcoin telah hilang atau salah tempat oleh para penambang dan investor. Meskipun demikian, Bitcoin tetap sangat populer sebagai kripto yang paling terkenal dari waktu ke waktu.

Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin benar-benar koin virtual yang dirancang untuk menjadi 'mandiri' untuk nilai mereka, tanpa kebutuhan bagi bank untuk memindahkan dan menyimpan uangnya. Begitu Anda memiliki bitcoin, mereka berperilaku seperti koin emas fisik: mereka memiliki nilai dan perdagangan seolah-olah mereka adalah nugget emas di saku Anda. Anda dapat menggunakan bitcoin Anda untuk membeli barang dan layanan secara online, atau Anda dapat menyelipkannya dan berharap nilainya meningkat selama bertahun-tahun.

Bitcoin diperdagangkan dari satu 'dompet' pribadi ke yang lain. Dompet adalah database pribadi kecil yang Anda simpan di drive komputer Anda (yaitu penyimpanan dingin), pada ponsel cerdas Anda, di tablet Anda, atau di suatu tempat di awan (penyimpanan panas).

Untuk semua maksudnya, bitcoin tahan pemalsuan. Ini sangat komputasi intensif untuk menciptakan bitcoin, tidak layak secara finansial bagi pemalsu untuk memanipulasi sistem.


Mengapa Bitcoin Sangat Kontroversial?

Berbagai alasan telah konvergen membuat mata uang Bitcoin menjadi sensasi media yang nyata.

Dari 2011-2013, pedagang kriminal membuat biawak terkenal dengan membelinya dalam jumlah jutaan dolar sehingga mereka bisa memindahkan uang di luar mata penegak hukum. Selanjutnya, nilai bitcoin melejit.

Penipuan juga sangat nyata di dunia kriptocurrency. Investor naif dan cerdas sama-sama bisa kehilangan ratusan atau ribuan dolar untuk penipuan.

Pada akhirnya, meskipun, bitcoin dan altcoin sangat kontroversial karena mereka mengambil kekuatan menghasilkan uang dari bank federal pusat, dan memberikannya kepada masyarakat umum.

Akun Bitcoin tidak dapat dibekukan atau diperiksa oleh petugas pajak, dan bank perantara benar-benar tidak perlu untuk memasukkan bitcoin. Penegakan hukum dan bankir melihat bitcoin sebagai 'nugget emas di alam liar, barat liar', di luar kendali polisi tradisional dan lembaga keuangan.

Nilai dan Peraturan Bitcoin

Bitcoin tunggal bervariasi dalam hitungan hari; Anda dapat memeriksa tempat-tempat seperti Coindesk untuk melihat nilai hari ini. Ada lebih dari dua miliar dolar senilai bitcoin yang ada. Bitcoin akan berhenti dibuat saat jumlah total mencapai 21 miliar koin, yang akan ada sekitar tahun 2040. Pada tahun 2017, lebih dari setengah dari bitcoin tersebut telah diciptakan.

Mata uang Bitcoin sama sekali tidak diatur dan benar-benar terdesentralisasi. Tidak ada bank nasional atau mint nasional, dan tidak ada cakupan asuransi deposan. Mata uang itu sendiri bersifat mandiri dan tidak memiliki jaminan, yang berarti bahwa tidak ada logam mulia di balik bitcoin; nilai masing-masing bitcoin berada dalam masing-masing bitcoin itu sendiri.

Bitcoin dipelihara oleh 'penambang', jaringan besar orang-orang yang menyumbangkan komputer pribadi mereka ke jaringan Bitcoin. Penambang bertindak sebagai sekumpulan penjaga buku besar dan auditor untuk transaksi Bitcoin. Penambang dibayar untuk pekerjaan akuntansi mereka dengan mendapatkan bitcoin baru setiap minggu mereka berkontribusi ke jaringan.

Bagaimana Bitcoin Dilacak

Bitcoin menyimpan file buku besar yang sangat sederhana yang disebut blockchain.

Setiap blockchain unik untuk setiap pengguna dan dompet bitcoin pribadinya.

Semua transaksi bitcoin dicatat dan tersedia dalam buku besar umum, membantu memastikan keasliannya dan mencegah kecurangan. Proses ini membantu mencegah terjadinya duplikasi dan orang-orang dari menyalin bitcoin.

Jadi, walaupun orang tidak dapat dengan mudah melihat identitas pribadi Anda, mereka dapat melihat sejarah dompet bitcoin Anda. Ini adalah hal yang baik, karena sejarah publik menambahkan transparansi dan keamanan, membantu mencegah orang menggunakan bitcoin untuk tujuan yang meragukan atau ilegal.

Perbankan atau Biaya Lain untuk Menggunakan Bitcoin
Ada biaya yang sangat kecil untuk menggunakan bitcoin. Namun, tidak ada biaya perbankan yang terus berlanjut dengan bitcoin dan kriptocurrency lainnya karena tidak ada bank yang terlibat. Sebagai gantinya, Anda akan membayar sedikit biaya untuk tiga kelompok layanan bitcoin: server (node) yang mendukung jaringan penambang, pertukaran online yang mengubah bitcoin Anda menjadi dolar, dan kolam pertambangan yang Anda ikuti.

Pemilik beberapa node server akan mengenakan biaya transaksi satu kali beberapa sen setiap kali Anda mengirim uang ke seluruh simpul mereka, dan pertukaran online juga akan menagih Anda saat memasukkan uang tunai untuk dolar atau euro.

Selain itu, sebagian besar kolam penambangan akan mengenakan biaya dukungan satu persen kecil atau meminta sumbangan kecil dari orang-orang yang bergabung dengan kolam mereka.

Pada akhirnya, walaupun ada biaya nominal untuk menggunakan Bitcoin, biaya transaksi dan sumbangan kolam renang pertambangan jauh lebih murah daripada biaya transfer perbankan konvensional atau transfer kawat.

Fakta Produksi Bitcoin

Bitcoin bisa 'dicetak' oleh siapapun di masyarakat umum yang memiliki komputer yang kuat. Bitcoin dibuat melalui sistem self-limiting yang sangat menarik yang disebut pertambangan kriptocurrency dan orang-orang yang menambang koin ini disebut penambang. Ini membatasi diri karena hanya 21 juta bitba total yang akan pernah ada, dengan sekitar 11 juta Bitcoin yang sudah ditambang dan dalam sirkulasi saat ini.

Penambangan Bitcoin melibatkan komando komputer di rumah Anda untuk bekerja sepanjang waktu untuk memecahkan masalah 'proof-of-work' (masalah matematika yang rumit secara komputasi). Setiap masalah matematika bitcoin memiliki seperangkat 64-digit solusi yang mungkin. Komputer desktop Anda, jika bekerja tanpa henti, mungkin bisa mengatasi satu masalah bitcoin dalam dua sampai tiga hari, kemungkinan lebih lama.

Untuk bitcoin pertambangan komputer pribadi, Anda mungkin memperoleh penghasilan 50 sen sampai 75 sen USD per hari, dikurangi biaya listrik Anda.

Untuk penambang skala besar yang mengoperasikan 36 komputer canggih secara bersamaan, orang tersebut dapat memperoleh sampai $ 500 USD per hari, setelah biaya.

Memang, jika Anda adalah penambang skala kecil dengan komputer kelas konsumen tunggal, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak listrik sehingga Anda bisa mendapatkan bitcoin pertambangan. Penambangan Bitcoin hanya sangat menguntungkan jika Anda menjalankan banyak komputer, dan bergabung dengan sekelompok penambang untuk menggabungkan kekuatan perangkat keras Anda. Kebutuhan perangkat keras yang sangat mahal ini adalah salah satu langkah keamanan terbesar yang menghalangi orang untuk mencoba memanipulasi sistem Bitcoin.

Keamanan Bitcoin

Mereka sama amannya dengan memiliki logam mulia secara fisik. Sama seperti memegang sekantong koin emas, orang yang melakukan tindakan pencegahan yang wajar akan aman dari cangkang pribadi mereka yang dicuri oleh peretas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dompet bitcoin Anda dapat disimpan secara online (yaitu layanan awan) atau offline (hard drive atau USB stick). Metode offline lebih tahan hacker dan sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang memiliki lebih dari 1 atau 2 bitcoin tapi bukan tanpa resiko.

Lebih dari sekadar gangguan hacker, risiko kerugian sebenarnya dengan bitcoins berkisar tidak mencadangkan dompet Anda dengan salinan yang tidak aman. Ada file .dat penting yang diperbarui setiap kali Anda menerima atau mengirim bitcoin, jadi file .dat ini harus disalin dan disimpan sebagai duplikat cadangan setiap hari Anda melakukan transaksi bitcoin.

Catatan keamanan: Runtuhnya layanan pertukaran bitGGGGG tidak disebabkan oleh kelemahan sistem Bitcoin. Sebaliknya, organisasi itu ambruk karena salah urus dan ketidaksediaan mereka untuk menginvestasikan uang dalam tindakan pengamanan. GunungGox, untuk semua maksud dan tujuan, memiliki sebuah bank besar tanpa penjaga keamanan, dan harganya mahal.

Penyalahgunaan Bitcoin

Saat ini ada tiga cara yang diketahui bahwa mata uang bitcoin dapat disalahgunakan.

1) Kelemahan teknis

waktu tunda dalam konfirmasi: bitcoin dapat dihabiskan dua kali dalam beberapa kasus langka selama interval konfirmasi. Karena bitcoins melakukan perjalanan peer-to-peer, dibutuhkan beberapa detik untuk transaksi yang dikonfirmasi di segel komputer P2P. Selama beberapa detik ini, orang yang tidak jujur ​​yang menggunakan mengklik dengan cepat dapat mengirimkan pembayaran kedua dari bit lunak yang sama ke penerima yang berbeda.

Sementara sistem pada akhirnya akan menangkap pembelanjaan dua kali dan meniadakan transaksi kedua yang tidak jujur, jika penerima kedua mentransfer barang ke pembeli yang tidak jujur ​​sebelum mereka menerima konfirmasi, maka penerima kedua tersebut akan kehilangan pembayaran dan barangnya.

2) Ketidakjujuran manusia

panitia penyelenggara mengambil irisan saham yang tidak adil: Karena penambangan bitcoin paling baik dicapai melalui penyatuan (bergabung dengan kelompok ribuan penambang lainnya), panitia setiap kolam mendapatkan hak istimewa untuk memilih cara membagi semua bitcoin yang ditemukan. . Penyelenggara kolam pertambangan Bitcoin dapat secara tidak jujur ​​mengambil lebih banyak saham pertambangan bitcoin untuk mereka sendiri.

3) Salah urusman manusia - pertukaran online

Dengan Mt. Gox menjadi contoh terbesar, orang-orang yang melakukan pertukaran online yang tidak diatur yang memperdagangkan uang tunai untuk bitcoin bisa jadi tidak jujur ​​atau tidak kompeten. Ini sama dengan bank investasi Fannie Mae dan Freddie Mac yang berada di bawah karena ketidakjujuran dan ketidakmampuan manusia. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kerugian perbankan konvensional sebagian diasuransikan untuk pengguna bank, sementara pertukaran bitcoin tidak memiliki cakupan asuransi bagi pengguna.

Empat Alasan Mengapa Bitcoin Merupakan Kesepakatan Besar

Ada banyak kontroversi seputar bitcoin. Inilah alasan utama mengapa:

1) Bitcoin tidak diciptakan oleh bank sentral manapun, atau diatur oleh pemerintah manapun. Dengan demikian, tidak ada bank yang mencatat pergerakan uang Anda, dan agen pajak pemerintah dan polisi tidak dapat melacak uang Anda. Hal ini pasti akan berubah pada akhirnya, karena uang yang tidak diatur merupakan ancaman nyata bagi kontrol pemerintah, perpajakan, dan kepolisian.

Memang, bitcoin telah menjadi alat untuk selundupan perdagangan dan pencucian uang, justru karena kurangnya pengawasan pemerintah. Nilai bitcoin melejit di masa lalu karena penjahat kaya membeli bitcoin dalam volume besar. Karena tidak ada peraturan, bagaimanapun, Anda bisa kehilangan banyak sekali sebagai penambang atau investor.

2) Bitcoin benar-benar memotong bank. Bitcoin ditransfer melalui jaringan peer-to-peer antar individu, tanpa bank perantara untuk mengambil sepotong.

Dompet Bitcoin tidak bisa disita atau dibekukan atau diaudit oleh bank dan penegakan hukum. Dompet Bitcoin tidak bisa memiliki batasan pengeluaran dan penarikan yang dikenakan pada mereka. Untuk semua maksud: tidak ada tapi pemilik dompet bitcoin memutuskan bagaimana kekayaan mereka akan dikelola.

Ini benar-benar mengancam bank, seperti dugaan Anda.

3) Bitola berubah bagaimana kita menyimpan dan menghabiskan kekayaan pribadi kita. Sejak kemunculan uang cetak (dan akhirnya virtual), dunia telah menyerahkan kekuatan mata uang ke bank sentral dan berbagai bank. Bank-bank ini mencetak uang virtual kita, menyimpan uang virtual kita, memindahkan uang virtual kita, dan menagihnya untuk layanan perantara mereka.

Jika bank membutuhkan lebih banyak uang, mereka hanya mencetak lebih banyak atau menyulap lebih banyak digit dalam buku besar elektronik mereka. Sistem ini mudah dilecehkan dan digemari oleh bank karena uang kertas pada dasarnya adalah pemeriksaan kertas dengan janji memiliki nilai, tanpa emas fisik yang sebenarnya di balik layar untuk mendukung janji tersebut.

Bitcoin dirancang untuk mengendalikan kekayaan pribadi kembali ke tangan individu. Alih-alih saldo bank kertas atau virtual yang menjanjikan nilai, Bitcoin adalah paket aktual dari data kompleks yang memiliki nilai tersendiri.

4) Transaksi Bitcoin bersifat ireversibel. Metode pembayaran konvensional, seperti tagihan kartu kredit, draf bank, cek pribadi, atau transfer kawat, memang bermanfaat untuk diasuransikan dan dapat dibalik oleh bank-bank yang terlibat. Dalam kasus bitcoin, setiap kali bitcoin berpindah tangan dan mengganti dompet, hasilnya bersifat final. Bersamaan, tidak ada perlindungan asuransi dompet bitcoin Anda: Jika Anda kehilangan data hard drive dompet atau bahkan kata kunci dompet Anda, ingat: isi dompet Anda hilang selamanya.


EmoticonEmoticon